Sabtu, 11 April 2009

Melihat Bayi Penyu Di Pulau Kerabak.

Pulau Kerabak

Melihat bayi-bayi penyu yang baru menetas adalah sebuah pemandangan yang membuat kita gemas untuk memegangnya.Penyu-penyu kecil itu berenang mengepak-ngepakan kaki-kakinya kesana kemari didalam bak pembesaran.

Itulah pemandangan yang dapat kita jumpai di lokasi penangkaran penyu dipulau kerabak kabupaten Pesisir Selatan.Penangkaran penyu ini disamping sengaja dibuat untuk menjaga populasi penyu di kabupaten pesisir selatan juga sebagai objek wisata yang akan menarik wisatawan datang ke kabupaten pesisir selatan

Pulau Kerabak adalah sebuah pulau yang terletak di perairan kabupaten Pesisir Selatan.berjarak kira-kira 1 jam perjalanan dengan speed boat dari pelabuhan Panasahan Painan kearah selatan.

Pantai di Pulau Kerabak

Pulau Kerabak ini terdiri dari dua buah pulau yaitu pulau Kerabak Besar dan pulau Kerabak Kecil,pulau ini banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon kelapa.

Pulau yang luasnya hanya lebih kurang 4 ha ini memiliki arti yang sangat penting bagi nelayan.Pulau yang berpasir putih ini adalah tempat berlindung bagi nelayan di saat ada badai.Pulau ini juga merupakan lokasi yang menjadi tujuan bagi para pemancing karena di pulau ini masih banyak jumpai karang-karang di dalam laut yang masih bagus dan dihuni oleh berbagai macam ikan.Di lokasi pulau kerabak ini pernah seorang pemancing yang mendapatkan ikan barakuda seberat 40 kg.

Bayi-bayi penyu didalam bak penangkaran

Pulau kerabak ini juga bagus untuk melakukan olahraga menyelam.terumbuh karang disini masih asri,tumbuhan-tumbuhan lautnya juga masih bagus.

Penyu

Nah jika wisatawan ingin melihat anak-anak penyu yang baru menetas,atau untuk berwisata memancing dan menyelam,berkunjunglah kepulau kerabak yang juga dikenal dengan pulau mercusuar,karena dipulau ini juga ada sebuah mercusuar.

Selamat berwisata…..Selamat menikmati keindahan alam ranah pesisir.

Oleh : Efni Dewita (wiwik)

1 komentar:

Congratulations for your blog. It looks wonderful!!

Regards from Spain,

Cris

Poskan Komentar